puber aqidah

Posted on Agustus 7, 2008. Filed under: dawah is azik |

Puber aqidah

Masa puber selalu membuat seseorang kehilangan pijakan rasionalitas. Seorang remaja kelas satu SMP yang baru saja “mimpi basah” merasakan seperti berada di dunia lain yang memang lain dari dunia dimana ia tinggal. Mulai sering berkaca di depan cermin berlama-lama. Selalu merasa tidak pede dengan penampilannya. menganggap dirinya selalu benar dalam sikap. Hal sama akan dirasakan juga oleh seorang dewasa berumur 40 tahun-an yang katanya memasuki puber kedua. Memang tidak persis sama, tapi ada banyak kesamaannya dan ada benarnya. Perhatikan saja di usia seperti itulah biasanya keguncangan rumah tangga mencapai puncaknya. Bukan saja puber dalam kaitannya dengan wanita atau pria, tapi juga berhubungan dengan pekerjaan dan kemapanan materi. Bahkan dengan karakter dan kecenderungan jiwa. Mengutip kata-kata imam ghozali, bahwa usia 40 tahun akan menjadi semacam pembatas antara kesempatan berbuat baik dan buruk. Maksudnya, jika seorang yang berada lingkungan yang buruk pada usia itu belum juga secara sadar untuk beralih pada kebaikan (baca: tobat) maka ia akan mengalami kesulitan lebih besar dan lebih berat untuk melakukan hal itu di usia setelahnya.

Interaksi seseorang dengan dawah di kali pertama melahirkan sikap perubah yang ekstrim. Militansi yang tumbuh kadang jadi tak terkendali. Asbed alias asal beda menjadi parameter kebenarannya. Penolakan sebagian masyarakat malah menjadi semakin bertambah keyakinannya, dengan dalih Rasul juga da’wahnya ditolak. Jadi jika da’wah ditolak sesungguhnya sesuai dengan manhaj Rasul. Nah lo…!?

Mungkin karena pemahaman yang kurang tepat atau memang kondisi yang seperti itu membutuhkan cara berpikir dan beramal yang seperti itu pula.

120307

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: