ketika mas gagah pergi

Posted on Agustus 7, 2008. Filed under: dawah is azik |

Ketika Mas Gagah Pergi

Tentu saja maksud ini bukan judul cerpennya Mbak HelviTR yang keren itu. Tapi berkisar halaqoh kampus di masa awal pertumbuhannya. Saat itu, sekitar tahun 80-an, kampus sudah mulai ramai dengan halaqoh-halaqoh di hampir setiap fakultas. Sambutan masyarakat kampus (baca:mahasiswa) sungguh luar biasa. Saya tidak tahu pasti sebab utamanya. Yang pasti mereka mendapat hidayah Allah dalam perjalanan hidupnya di kampus masing-masing. Mungkin sebabnya karena kejenuhan para mahasiswa dengan rutinitas dunia kampus. Mungkin juga kehausan ruhani mereka yang sudah lama kering. Mungkin juga karena pengaruh psikologis revolusi di Iran. Bisa mungkin juga karena tren yang ada ato ikut-ikutan, Ato pingin ngerasain aja dan lain-lain alasan yang hanya dia dan Allah yang tahu sesungguhnya.

Kisah ini berawal dari sana. Saat banyak-banyaknya peminat tarbiyah, dan itu berasal dari kalangan akhwat muslimah. Namun stok murobiyah akhwat sangat terbatas. Maka, karena permintaan semakin bartambah dan tenaga murobiyah habis, jadilah kelompok akhwat tadi di-MR-i oleh murobi alias ikhwan. Ikhwan megang kelompok akhwat. Aneh? Nggak, Saat itu nggak aneh. Banyak ikhwan yang punya binaan akhwat di kampus-kampus. Dan perlu dicatat, ikhwannya juga masih bujangan. Bayangin aja ndiri, kayak gimana hebohnya kelompok itu. Meski setiap liqo-an dibahas masalah motivasi yang bersih, hati dan keikhlasan, rupanya serbuan setan juga nggak kurang-kurangnya. Maka jadilah dalam beberapa kasus kelompok itu menjadi bubaran setelah mas gagahnya pergi. Baik ia pergi karena sudah ada murobi akhwat sebagai gantinya, ato apalagi kalo ia pergi karena menikah. Bubar deh tuh halaqoh lantaran mas gagahnya pergi. Hayo jawab, kenapa halaqoh itu bubar ketika mas gagah pergi…? ya nggak usah dijawab. Baca aja cerpennya Helvy ‘ketika mas gagah pergi’ pasti nggak nyambung. Hehehe…

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: