ana percaya

Posted on Agustus 7, 2008. Filed under: dawah is azik |

Ana Percaya dengan pilihan dawah

Seorang akh yang belum mau cepat-cepat menikah dipanggil murobinya. Dengan kata-kata lembut sang murobi menawarkan seorang akhwat yang harus diselamatkan karena proses pernikahannya yang gagal. Apa kata akh yang ditawari tadi. “Ana siap. Ana percaya sama pilihan dawah ini…!” jawabnya mantap sambil tersungging senyum khasnya. Dan ketika data dan foto akhwat diserahkan ia berujar tegas. “Nggak perlu, ana nggak perlu itu…! ana yakin dengan pilihan syuro. Itu pasti yang terbaik…!” Sungguh luar biasa. Memang bahtera rumah tangganya berlangsung damai. Dalam naungan dawah dan jamaah. Dan hingga akhir hayatnya, (akh tersebut meninggal karena kanker hati) akh itu benar-benar memberi banyak teladan untuk kita tiru. Subhanallah.

Dalam kasus lain, seorang akhwat tertunduk khusu’ di hadapan murobiyahnya. Karena ia harus memberi jawaban atas lamaran seorang ikhwan yang (maaf) kakinya cacat karena diamputasi. Tak ada ganjalan, tak ada penyesalan, “Saya siap, saya percaya ini pilihan syuro…!” setahu saya hingga kini ia hidup mapan sejahtera di Kalimantan. Allahu akbar..!

Di kala yang lain, seorang akh, teman dekat saya, mengakhiri masa lajangnya dengan menerima tawaran murobnya dengan semangat ketaatan, meski ukhti calon pasangan hidupnya itu juga (maaf) cacat kakinya. Ia juga berujar; “Ana siap, sungguh dalam dawah ada barokah!” terakhir saya ketemu anak pertamanya sudah SMA dan ia menjadi anggota dewan. Luar biasa…

Aaah…, rasanya lamaaaaa sekali kita tidak mendengar kata-kata seperti di atas dalam proses pernikahan. atau memang takan terdengar lagi? Allahu a’lam.

“Wahai Rabb pemilik seruan yang mulia ini…! jangan Kau biarkan kami memilih urusan kami sendiri meski hanya dalam kejapan mata…!”

Pilihan hebat karena pemahaman yang tepat. Mengutip kata-kata ustad Anis Matta, memang bukan istri ideal, tapi istri yang tepat buat kita…

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: